• Kontak Kami
  • Hotline : 087832839800
  • SMS : 087832839800
  • BBM : romtech

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka setiap senin - sabtu pukul 08.00 s/d jam 17.00 Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » Tutorial Membuat PCB dengan Eagle

Tutorial Membuat PCB dengan Eagle

Diposting pada 7 Maret 2018 oleh admin

Kali ini kita akan memberikan tutorial membuat PCB dengan eagle, tutorial ini kami buat guna memudahkan para pemula agar tau apa itu eagle dan bagaimana cara pemakainnya dan cara membuatnya.

EAGLE

A.Pengertian Eagle

EAGLE ( Easily Applicable Graphical Layout Editor ), merupakan sebuah aplikasi gratis untuk mendesain skematik Elektronika maupun PCB ( Printed Circuit Board ). Aplikasi ini bisa didownload gratis di sini. Bagi penggemar Elektronika, membuat skematik dan PCB sendiri adalah pekerjaan yang menyenangkan.

B. Cara membuka dan membuat rangkaian Eagle

  • Klik file-new schematic
  • Klik ADD untuk mencari komponen” yang di perlukan 
  • Kemudian cari komponen yang di perlukan
  • Cari semua komponen yang dibutuhkan lalu susun menggunakan tool MOVE dalam menggunakan tool move sobat bisa memainkan klik kanan untuk mengatur arah komponen, maupun tool lainnya seperti COPY, GROUP untuk pendukung dalam menyusun
  • Jika sudah mengikuti langkah diatas gunakan Tool NET, Tool Wire, untuk menyambungkan antar komponen dan saya sarankan menggunakan tool NET karena pada saat menyambungkan akan terbentk junction sendiri,dan Tool ARC untuk membuat jalur lengkungan
  • setelah selesai membuat skematik, Langkah selanjutnya adalah membuat desain board, berikut langkah langkahnya
  • Lalu akan muncul tampilan board eagle dan komponen yang belum tersusun Kita dapat menysusun komponen nya dengan menggunakan tool berikut :

# Move : dalam menggunakan tool move klik symbol move lalu klik kanan untuk menentukan   arah komponen,

# Group : dalam menggunakan tool group seleksi komponen yang ingin di kelompokkan  untuk di pindahkan lalu klik kanan pilih move group

  • Jika semua komponen sudah terhubung dan tata letakna sudah benar,kemudian kita hubungkan jalur dengan tool route (nomer1) , dan untuk memilih tipe lengkungan jalur dapat memilih lihat nomor 2.Jika Tool Ripup di gunakan untuk menghapus jalur yang salah.
  • Berikut hasil wiring nya.
  • Untuk mecetak Board klik display
  • Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti ini, Unselect semua kecuali bagian Bottom,Vias ,dan Pad
  • Berikut contoh skema rangkaian yang sudah di blok

 

C.Langkah” menge print skema rangkaian

   1.Klik Icon  “Printer”

2.Pilih jenis printer yang sesuai

3.Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.

4.Jika sudah muncul tampilan pilih ukuran kertas misal A4 lalu klik OK

5.Langkah terakhir klik Print

 

 

D. Toolbar

1.ADD

Berfungsi menambahkan komponen dalam gambar. Ada banyak sekali komponen yangtersedia dalam librari EAGLE.

2.NET

Artinya jaring, berfungsi untuk menghubungkan antar kaki komponen, BUS dan lain-lain.

3.INFO

Berfungsi menampilkan informasi dari komponen yang kita pilih. Informasi ini berisi Value,Name, tempat komponen dalam library dan lain-lain.

4.SHOW

Icon ini berfungsi menampilkan dengan mencolok komponen yang di klick.

5.DISPLAY

Icon ini berfungsi menampilkan sebagian atau seluruhnya layer-layer (lapisan) pada saat menggambar. Layer ini dapat di aktifkan sesuai kebutuhan kita.

6.ROTATE

Icon ini berfungsi untuk mengubah atau merotasi arah komponen ke atas, bawah, sampingkanan maupun kiri.

  1. GROUP

Icon ini berfungsi untuk mengelompokkan suatu komponen atau beberapa komponen agardari beberapa komponen tersebut dapat dicopy, dirotasi, dimirror, dipindahkan atau lainnya secara berkelompok.

  1. BUS

Icon ini fungsi dan cara penggunaannya hampir sama dengan NET , namun BUS hanyadigunakan untuk menghubungkan komponen utama saja dengan kata lain BUS meruakan jalan utama antar komponen utama.

  1. MOVE

Icon ini berfungsi untuk menggerakkan atau memindahkan komponen ke area gambar yanglain. Cara menggunakannya adalah klik icon MOVE, arahkan mouse ke komponen yangdiinginkan lalu klik dan drag ke area yang diinginkan.

  1. COPY

Icon ini berfungsi untuk menyalin suatu atau beberapa komponen. Cara menggunakan nya adalah klik icon COPY, pilih komponen yang diinginkan kemudian klik, maka akan muncul komponen yang sama lalu tempatkan pada area yang diinginkan dan terakhir klik.

  1. MIRROR

Icon ini berfungsi untuk mengubah bentuk komponen atau bisa rangkaian menjadiberlawanan arah dengan bentuk komponen sebelumnya seperti apabila kita menaruhnya didepan sebuah cermin. Cara menggunakannya:Klik icon MIRROR, pilih komponen yang akan dimirrorkan kemudian klik komponentersebut.

  1. NAME

Icon ini berfungsi untuk megubah atau menghilangkan nama dari sebuah komponen.Cara penggunaannya adalah klik pada icon NAME pilih komponen yang akan digantinamanya kemudian klik, maka akan muncul kotak Name, ketik nama yang ingin digantikemudian OK.

  1. VALUE

Icon ini berfungsi untuk megubah atau menghilangkan nilai dari sebuah komponen.Cara penggunaan nya  adalah klik pada icon VALUE pilih komponen yang akan diganti nilainya kemudian klik, maka akan muncul kotak Value, ketik nilai yang ingin digantikemudian OK.

Bagikan informasi tentang Tutorial Membuat PCB dengan Eagle kepada teman atau kerabat Anda.

Tutorial Membuat PCB dengan Eagle | ROMTech-ELECTRONIC INNOVATION

Belum ada komentar untuk Tutorial Membuat PCB dengan Eagle

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
Rp 1.400.000
Ready Stock / GSM
OFF 20%
Rp 1.200.000 Rp 1.500.000
Pre Order / JAM DIGITAL